Kapan Waktu Tepat si Kecil Makan Mpasi ?

Kapan Waktu Tepat si Kecil Makan Mpasi? Waktu terbaik untuk memperkenalkan mpasi adalah ketika bayi Anda telah mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk makan. Jika Anda sedang menyusui, dokter menyarankan menunggu sampai anak Anda berusia 6 bulan. Tapi dia mungkin siap untuk mpasi lebih cepat dari itu.

Kapan Waktu Tepat si Kecil Makan Mpasi

Bagaimana kamu tahu? Untuk makan, bayi membutuhkan kontrol kepala dan leher yang baik dan harus bisa duduk di kursi tinggi, yang biasanya tidak terjadi sampai mereka berusia 4 hingga 6 bulan. Juga, jika Anda mencoba memberi makan mpasi sebelum usia ini.

Anda mungkin memperhatikan bahwa ia mendorong makanan keluar dari mulutnya secepat Anda memasukkannya. Bayi mulai kehilangan refleks lidah menyengat alami ini pada 4-6 -tujuh bulan, yang membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk mulai makan mpasi. Tanda-tanda lain bahwa bayi siap makan mpasi:
  • Mereka tertarik dengan makanan (misalnya, memperhatikan orang lain makan, meraih makanan, dan membuka mulut ketika makanan mendekati).
  • Memiliki keterampilan motorik mulut yang diperlukan untuk memindahkan makanan ke tenggorokan dan menelannya.
  • Biasanya menimbang berat badan.
  • Tunggu sampai bayi Anda berusia setidaknya 4 bulan dan tunjukkan tanda-tanda kesiapan ini sebelum memperkenalkan mpasi. Bayi yang memulai makan mpasi sebelum 4 bulan berada pada risiko yang lebih tinggi untuk obesitas dan masalah lain di kemudian hari. Mereka juga tidak cukup terkoordinasi untuk dengan aman menelan mpasi dan mungkin tersedak makanan atau menghirupnya ke paru-paru mereka.
Kapan Waktu Tepat si Kecil Makan Mpasi?

Mulailah dengan berusia 6 bulan untuk memberikan anak makan mpasi. Ketika waktunya tepat, mulailah dengan satu butir gandum, sereal bayi yang diperkaya zat besi (sereal beras secara tradisional menjadi makanan pertama untuk bayi, tetapi Anda bisa mulai dengan apa pun yang Anda inginkan). Mulailah dengan 1 atau 2 sendok makan sereal yang dicampur dengan ASI, susu formula, atau air. Pilihan pertama yang baik lainnya adalah daging murni yang dikeringkan dengan zat besi.

Pada saat bayi Anda makan gunakanlah sendok bayi kecil, dan jangan pernah menambahkan sereal ke botol bayi kecuali dokter menyarankannya. Pada tahap ini, mpasi harus diberikan setelah sesi menyusui, bukan sebelumnya. Dengan begitu, bayi Anda terisi ASI, yang seharusnya menjadi sumber nutrisi utama bayi Anda sampai usia 1 tahun.

Ketika bayi Anda terbiasa makan makanan pertama, perkenalkan berbagai jenis makanan lain, seperti buah-buahan, sayuran, kacang, kacang lentil, atau yoghurt. Tunggu beberapa hari antara memperkenalkan makanan baru untuk memastikan bayi Anda tidak memiliki reaksi alergi .

Para ahli merekomendasikan memperkenalkan alergen makanan umum kepada bayi ketika mereka berusia 4–6 bulan. Ini termasuk bayi dengan riwayat keluarga alergi makanan . Di masa lalu, mereka berpikir bahwa bayi seharusnya tidak mendapatkan makanan seperti itu (seperti telur, kacang tanah , dan ikan) sampai setelah ulang tahun pertama. Tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa menunggu selama itu bisa membuat bayi lebih mungkin mengembangkan alergi makanan.

Tawarkan makanan ini kepada bayi Anda segera setelah si kecil mulai makan mpasi. Pastikan mereka disajikan dalam bentuk yang mudah ditelan oleh bayi Anda. Anda dapat mencoba sedikit selai kacang yang dicampur ke dalam pure buah atau yogurt, misalnya, atau telur orak-arik yang lembut.

Jus buah tidak dianjurkan untuk bayi. Tidak ada manfaat untuk menawarkan jus, bahkan untuk bayi yang lebih tua. Jus dapat mengisi mereka (menyisakan sedikit ruang untuk makanan yang lebih bergizi). Mempromosikan obesitas, menyebabkan diare, dan bahkan menempatkan bayi pada peningkatan risiko gigi berlubang saat gigi mulai berdatangan. Inilah cara memberikan bayi makan mpasi, semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kapan Waktu Tepat si Kecil Makan Mpasi ?"

Post a Comment