5 Tips Sukses Menjalankan Usaha Bengkel Motor di Rumah

Buat Anda yang lulusan SMK Permesinan dan belum mendapat pekerjaan, usaha bengkel motor bisa Anda coba. Untuk urusan modal, ada KTA bunga rendah yang bisa Anda ajukan melalui tunaiku.com. Nah, agar usaha bengkel motor yang Anda jalankan tersebut sukses, setidaknya terapkan 5 tips berikut.



1. Melobi dan Bergabung dengan Komunitas Motor
Mengingat usaha bengkel yang Anda buka ini berlokasi di rumah dan belum tentu strategis, tips ini penting untuk Anda terapkan. Cari komunitas-komunitas motor, lobi, dan kalau bisa bergabung dengan mereka. Kalu perlu, Anda juga perlu membuat pamflet agar orang-orang tahu ada bengkel motor yang baru Anda buka.

Kemudian, mengenai komunitas, setelah hubungan Anda dan anggota komunitas tersebut terjalin dengan baik, Anda tentu tidak akan segan lagi untuk mengajak mereka datang ke bengkel. Ajak juga untuk menjadi konsumen atau pelanggan tetap Anda. Sebelumnya, gunakan KTA bunga rendah untuk merombak bangunan yang akan dijadikan bengkel.

2. Beli Peralatan dan Perlengkapan Berkualitas
Peralatan dan Perlengkapan merupakan amunisi Anda dalam menjalankan usaha bengkel motor di rumah. Hal ini dikarenakan usaha Anda tidak akan berjalan tanpa adanya amunisi ini. Ya, perannya memang tidak jauh beda dengan pisau dan peralatan memasak bagi seorang koki atau chef, cangkul untuk petani, jarum dan benang untuk penjahit, serta yang lainnya.

Pinjaman KTA bunga rendah dengan plafon tertinggi Rp20 juta jelas mampu memfasilitasi usaha Anda ini. Semakin lengkap peralatan dan perlengkapan bengkel Anda, maka makin banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi dan menjadi pelanggan tetap bengkel Anda. Kalau usaha Anda sudah maju, tambahkan layanannya seperti modifikasi motor.

3. Rekrut Tenaga Profesional
Sejago apapun Anda atau mendapat predikat sebagai lulusan terbaik, usaha bengkel tetap tidak bisa dijalankan seorang diri. Begitupula jika merekrut tenaga kerja yang tidak memiliki spesifikasi, usaha Anda tidak akan berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, penting untuk Anda merekrut tenaga profesional sehingga setiap pekerjaan bisa di-handle oleh bagiannya masing-masing sesuai keahlian mereka. Pilih tenaga profesional untuk meng-handle perbaikan, service, modifikasi, sampai manajemen keuangan.

4. Pilih Produsen atau Penyuplai Terbaik
Pinjaman KTA bunga rendah yang sudah disetujui memang bisa Anda alokasikan untuk membeli perlengkapan dan peralatan bengkel. Tapi, produk terbaiknya hanya bisa Anda peroleh dari produsen dan penyuplai terbaik pula.

Nah, untuk memperolehnya, pastikan untuk melakukan survei dan banyak bertanya pada orang yang telah berpengalaman. Kualitas perlengkapan dan peralatan ini mempengaruhi kredibilitas dan kualitas usaha bengkel yang Anda jalankan. Perhatika juga barangnya karena barang berkualitas tidak selalu mahal.

5. Terus Belajar dan Berinovasi
Meski misalnya urusan bengkel diserahkan sepenuhnya pada karyawan, Anda tetap harus memantau perkembangan usaha bengkel Anda. Kalau perlu, Anda juga terjun langsung memperbaiki atau service. Intinya, lakukan sesuai dengan keahlian dan bidang kompetensi Anda selama belajar di bangku sekolah.

Sama seperti guru yang terus mengulang-ulang materi pembelajaran dari tahun ke tahun, dengan Anda terjun langsung ke bengkel, banyak pembelajaran dan inovasi yang bisa Anda temukan. Terutama untuk memberi pelayanan perbaikan terbaik dan desain modifikasi yang sesuai dengan perkembangan tren kekinian.

Pinjaman KTA bunga rendah memang benar-benar meringankan Anda yang memang baru lulus, tidak memiliki modal, maupun jaminan. Terkait rekening, Anda bisa meminta tolong pada kakak atau saudara yang telah bekerja. Bisa juga dengan menjadi mereka rekanan bisnis agar untung ruginya bisa ditanggung bersama.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Tips Sukses Menjalankan Usaha Bengkel Motor di Rumah"

Post a Comment